Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi

o

Kamis, 29 November 2012

Sari Kurma Untuk Menaikkan Trombosit

Buah Kurma sebesar jempol tangan orang dewasa ini ternyata mengandung banyak zat yang penting bagi tubuh. Hal tersebut dikuatkan dengan hasil penelitian. Salah satunya datang dari ahli gizi Institut Pertanian Bogor Hardisyah.

Hardisyah mengungkapkan kandungan dalam kurma beragam. Semisal kalium. Kalium memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi teratur. "Dengan makan lima buah kurma saja, maka kebutuhan kalium satu hari telah terpenuhi," katanya.

Kalium sendiri berguna untuk menekan tekanan darah agar normal. Kalau pun darahnya tinggi dapat dikendalikan baik dengan makan kurma. Selain itu, kurma mempunyai basa yang dapat mencegah maag.

Di sisi lain kurma sangat berguna bagi perempuan yang akan melahirkan. Sebab salah satu zat yang mirip hormon oksitosin bisa memperlancar proses kelahiran dan meningkatkan produksi ASI. Bahkan, oksitosin juga dapat berperan seperti sari rapat bagi wanita yang mengkonsumsinya sehingga mempercepat pemulihan rahim.



Manfaat lain dari kurma adalah dapat mengaktifkan otot-otot seksual dan meningkatkan stamina pria dan wanita dalam melakukan hubungan suami istri.

Mengkonsumsi kurma dapat meningkatkan trombosit dan sel darah merah dengan cepat. Bahkan sari kurma bisa membuat hemoglobin seperti semula. "Ketika sakit, lebih baik mengkonsumsi kurma dalam bentuk jus. Glukosa dalam kurma dapat memulihkan stamina," ujarnya lagi.

Untuk itu, seseorang dianjurkan makan kurma setelah melakukan puasa 12-13 jam, karena mudah larut dan dicerna apalagi dapat mengurangi keasaman dalam lambung. Sedangkan, minum teh manis malah bisa meningkatkan keasaman lambung.

Kandungan lain dalam kurma adalah dapat meningkatkan fungsi syaraf, mengurangi jantung koroner, stroke, serta memiliki sejenis hormon yang mempercepat penyembuhan luka sehingga tidak menjadi gatal-gatal atau seperti kudis.

Hardisyah pun memberikan resep untuk orang yang menderita kekurangan trombosit. "Untuk meningkatkan trombosit penderita DBD dibutuhkan kurma 500 gram (1/2 kg) yang dijus dengan lima gelas air (1 liter), diminum tiap jam dan dokter akan menilai trombosit akan naik atau tidak," ucapnya.

1 komentar:

Munawir Atjeh mengatakan...

Zat khasiat dari kurma untuk meningkatkan trombosit darah apa bg..???
zat untuk meningkatkan trombosit darah dari kurma itu...

tlong bg...

Poskan Komentar