Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi

o

Jumat, 23 November 2012

Bapak Koperasi Indonesia

Mohammad Hatta (1902-1980) yang merupakan salah satu proklamator Indonesia, dikenal juga sebagai "Bapak Koperasi Indonesia" karena sumbangannya yang sangat besar dalam memajukan peranan koperasi di Indonesia. Ketertarikannya pada koperasi dimulai sewaktu ia menjalani pendidikan di Eropa. Ia melihat bahwa koperasi di negaea-negara Skandinavia sangat berperan dalam memajukan ekonomi rakyat. Ketertarikannya tersebut diperjuangkan sehingga melahirkan pasal 33 UUD 1945. Hatta disebut sebagai perumus pasal tersebut.

Mohammad Hatta
Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Utara pada 12 Agustus 1902. Ayahnya adalah seorang ulama bernama Haji Mohammad Djamil. Hatta menempuh pendidikannya pada Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelbare School (HMS) di Jakarta.

Pada tahun 1921 Hatta melanjutkan pendidikannya di Handels Hogere Scholl (HHS), Belanda dengan mengambil jurusan Ekonomi Perdagangan. Hatta memperoleh gelar "doktorandus" (Drs.) bidang ekonomi dar HHS Belanda pada 1932. Dengan bekal pendidikannya ini, Hatta kemudian mempelopori pembentukan wadah koperasi di tanah air. Mohammad Hatta meninggal dunia di Jakarta pada 14 Maret 1980.


Sumber : Ensiklopedi Umum

0 komentar:

Posting Komentar