Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi

o

Rabu, 28 November 2012

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di Jawa Timur, Indonesia. Taman  ini terletak di wilayah  administratif   Kabupaten  Pasuruhan,  Kabupaten  Malang, Kabupaten Lumajang dan  Kabupaten Probolinggo.  Taman Nasional  Bromo Tengger  Semeru  ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya 50,276,3 hektare.

Taman nasional adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat. Selain Gunung Bromo yang merupakan daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Meski demikian untuk sampai ke puncak Semeru tidaklah semudah mendaki Gunung Bromo dan para pendaki diharuskan mendapat izin dari kantor pengelola taman nasional yang berada di Malang.
Penggemar hiking disarankan untuk mengambil rute dari Malang karena bisa menikmati keindahan lautan pasir yang panjang. Start point dapat dimulai dari Ngadas yang merupakan desa terakhir yang berada dikawasan taman nasional serta tempat untuk melengkapi perbekalan terutama persediaan air karena setelah ini tidak dijumpai sumber air.
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana, dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun antara lain cemara gunung, edelweis, jamuju, berbagai jenis anggrek dan rumput langka.


Sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar