Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi Ragam Pertiwi

o

Rabu, 28 November 2012

Air Terjun

Air terjun adalah air yang berada diketinggian dan melewati jeram hingga jatuh bebas ke dasar sungai (lereng atau lembah). Aliran air yang mengalir deras di sungai hampir seperti air terjun tetapi lebih rendah disebut riam. Adapun rentetan riam atau air terjun kecil dibalik bebatuan yang landai disebut katarak. Air terjun dan riam terbentuk akibat pengikisan dinding atau dasar sungai yang lunak oleh arus air.

Air terjun merupakan salah satu pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Bentuk air terjun ada yang bertingkat-tingkat. Air terjun yang bertingkat disebut kaskade, yakni air yang jatuh dari puncak air terjun yang memercikan butiran air. Butiran air yang terkena cahaya matahari akan membentuk bianglala yang indah.

Selain keindahannya, banyak air terjun yang terkenal karena besarnya volume air yang jatuh dari ketinggian., misalnya air terjun Sigura-gura di Sumatera Utara. Air terjun Sigura-gura kemudian dimanfaatkan sebagai pusat pembangkit tenaga air (PLTA). Air terjun yang terkenal didunia diantaranya adalah air terjun Niagara (Niagara Falls) yang berada di Amerika Serikat dan Kanada. Air terjun Niagara terdiri dari dua bagian, yakni Horseshoe Falls (lebar 822 m dan tinggi 53 m) dan American Falls (lebar 329 m dan tinggi 50 m).


Air terjun dapat terbentuk dengan beberapa cara. Erosi dan proses geologi bukan satu-satunya faktor yang menciptakan air terjun. Gerak-gerik tektonik sepanjang celah bebatuan juga menyebabkan terbentuknya air terjun.

Selain itu, air terjun dapat terjadi apabila aliran sungai melalui sebuah patahan yang timbul karena peristiwa alam. Air terjun juga dapat terjadi ketika air sungai mengalir dari dasar sungai yang keras melewati dasar yang mudah terkikis. Contohnya bila air sungai yang mengalir dari batuan keras ke batuan lunak, seperti batu kapur, maka batuan lunak akan habis terkikis.

Pada awalnya tercipta riam dan ketika pengikisan semakin besar maka terbentuklah air terjun. Banyak juga air terjun yang tercipta akibat gletser. Ketika gletser mencair, airnya mengalir melalui lembah yang dalam dan aliran air tersebut meliwati bidang yang curam sehingga terbentuklah air terjun.


Sumber : Ensiklopedi Umum

1 komentar:

Unknown mengatakan...

waw keren air terjun nya :)
kapan-kapan bisa dtng ksini nih

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

Posting Komentar